Tipe Lafadz “Assalaamu’alaykum” dalam Teks SMS

Kita mengucapkan salam (Assalaamu’alaykum warahmatullahi Wabarakatuh)dalam berbagai kesempatan seperti saat bertemu seseorang, berpisah dengan seseorang, masuk rumah, keluar rumah, menulis surat, dan tak terkecuali saat melakukan pembicaraan lewat telepon dan SMS. Seringkali dan mungkin kita sudah terbiasa menuliskan lafadz “Assalaamu’alaykum ” dalam teks SMS hanya dengan singkatan-singkatan yang sudah populer di mata banyak orang. Ada beberapa tipe singkatan-singkatan yang dimaksudkan untuk menyingkat lafadz “Assalaamu’alaykum ” dalam teks SMS. Keterbatasan jumlah karakter dalam sebuah SMS (160 karakter) agaknya memaksa kita untuk menyingkat semua kalimat yang hendak kita tulis dalam layar handphone kita termasuk kalimat “Assalaamu’alaykum”. Sampai sampai dalam sebuah iklan Provider selular di negeri ini kita diajari cara menyingkat kalimat agar dapat mengirim SMS dengan hemat.

Saya pernah mendengar pernyataan dari adik saya yang mengatakan bahwa “semakin banyak singkatan dalam isi teks SMS kita, maka itu menunjukkan kita semakin gaul. Entah apa maksudnya, intinya adik saya menganggap bahwa singkatan-singkatan dalam SMS sudah menjadi trend yang mengemuka di masyarakat.

Saya pernah mengirim SMS dengan diawali “Assalaamu’alaykum” yang saya tulis secara lengkap yaitu “Assalaamu’alaykum Warahmatulaahi Wabarakatuh” dan saya dikomentari adik saya bahwa saya gak gaul dan statement senada dengan itu. Ada banyak sekali tipe-tipe singkatan dari lafadz “Assalaamu’alaykum” dalam SMS dan singkatan-singkatn itu agaknya sudah akrab dan dapat dengan mudah dipahami oleh sebagai besar masyarakat.

Dari awal saya mempunyai HP, yaitu sejak awal SMA, saya mengamati beberapa tipe lafadz salam dalam teks SMS dan beberapa tipe orang yang menggunakannya, yaitu:

1. Ass…..Singkatan ini biasanya digunakan oleh bapak-bapak atau ibu-ibu. Dan parahnya, mungkin mereka tidak mengetahui arti kata “Ass” yang bermakna “XXXXX” (Censored) dalam bahasa inggris. Dan pengguna singkatan salam ini pun biasanya akan menjawab salam orang lain dengan Wass….

2. Aslm……Singkatan ini biasanya digunakan para remaja yang gaul, agak gaul atau bahkan tidak gaul. Dan pengguna singkatan salam ini pun biasanya akan menjawab salam orang lain dengan Wslm…. Sekadar catatan, arti kata gaul di sini adalah mempunyai “pengetahuan luas” dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sayangnya, “pengetahuan luas” itu seringkali justru dalam hal-hal yang tidak bermanfaat dan hal-hal buruk, kecuali orang-orang yang dirahmati ALLAH

3. Aslmkm…. Singkatan ini biasanya juga digunakan para remaja dan orang-orang yang sudah menginjak dewasa yang agak gaul sedikit. Dan pengguna singkatan salam ini pun biasanya akan menjawab salam orang lain dengan singkatan Wlkmslm….
4. Aslmlkm Wr. Wb…… Sama seperti tipe singkatan salam dalm poin ketig, singkatan ini juga seringkali digunakan para remaja dan beberapa orang yang sudah menginjak dewasatapi tidak terlalu gaul. Dan pengguna singkatan salam ini pun biasanya akan menjawab salam orang lain dengan Wlkmslm Wr.Wb.

5. Askum. Singkatan ini biasanya digunakan dalam bahasa chat di chat room oleh komunitas chatter. Tapi, untuk singkatan ini, saya tidk tahu singkatan lafadz jawabnya, tapi mungkin saja jawabnya adalah Waslam.
6. AWW….. Kalau singkatan ini biasanya digunakan para ekstrimist SMS berusia muda yang terlalu gaul.. Dan pengguna singkatan salam ini pun biasanya akan menjawab salam orang lain dengan WWW atau W3….

7. Tanpa Singkatan. Jadi, orang dalam tipe ini mengerti betul kedudukan kata “Assalaamu’alaykum” dalam Islam yang merupakan kalimat mulia. Ada tiga sub-tipe lagi dalam tipe ini yaitu orang yang menuliskan salam dengan “Assalaamu’alaykum” saja, orang yang menuliskan salam dengan “Assalaamu’alaykum Warahmatullaah”, atau orang yang menuliskan salam dengan “Assalaamu’alaykum Warahmatullaahi Wabarakatuh” secara lengkap. Dan orang jenis ini pun menjawab salam yang dia baca dalam SMS dengan lengkap, yaitu ”Wassalaamu’alaykum” atau “Wa’alaykumussalaam Warahmatullaah” ataupun “Wa’alaykumussalaam Warahmatullaahi Wabarakatuh”. Semoga ALLAH merahmati mereka.

Dan mungkin anda mengetahui lebih banyak lagi tentang tipe-tipe lannya yang saya tidak ketahui karena saya termasuk orang yang agak kurang gaul. Walhamdulillaah. Dari keenam tipe lafadz “Assalaamu’alaykum” yang sudah popular di masyarakat, tipe manakah yang sering anda gunakan dalam menulis pesan melalui SMS?

Apabila anda termasuk dalam tipe enam besar pertama, maka mulai saat ini mulailah perubahan sikap dalam diri anda karena perlu anda ketahui bahwa ucapan salam adalah kalimat yang mulia berisi doa yang bermakna “Semoga keselamatan atasmu dan rahmat ALLAH serta barakahNya”. Begitu pula dengan jawaban salam. Ucapan salam bukan sekadar ucapan awalan untuk memulai pembicaraan seperti layaknya “Selamat Pagi”, “Hello”, “Hey” dan yang sejenis itu atau untuk mengakhiri pembicaraan dengan seseorang.seperti ‘Sampai Jumpa”, “Udah dulu yah”, “Bye”, dan yang selain itu.

Jadi, berhentilah beranggapan bahwa mengucapkan salam hanya suatu kebiasaan biasa yang setiap orang mampu mengucapkannya. Sungguh sedikit sekali orang yang mengucapkan salam dengan niat semata-mata karena ikhlas untuk mendoakan ssaudaranya sesama muslim.

Enam tipe singkatan pertama di atas, walaupun dimaksudkan sebagai penyingkat ucapan salam, tetap saja tidak bermakna apapun. Ucapan salam yang dituntunkan oleh Rasulullah adalah “Assalaamu’alaykum” atau lebih lengkap lagi “ Assalaamu’alaykum Warahmatullaah” ataupun paling lengkap “Assalaamu’alaykum Warahmatullaahi Wabarakatuh”. Dan buang jauh-jauh sikap mudah meremehkan makna ucapan salam karena itu berarti meremehkan doa yang mulia.

Mungkin beberapa dari kita masih beralasan apabila salam dalam teks SMS ditulis secara lengkap, akan membuat penuh karakter dan membatasi jumlah kalimat yang akan kita sampaikan sehingga kalimat SMS menjadi tidak efisien. Dan ini adalah sikap orang-orang yang dalam hatinya diliputi rasa malas untuk melaksanakan etika kehidupan muslim sehari-hari. Wallahul Musta’an. Pahala yang akan kita peroleh apabila kita menuliskan lafadz salam dengan lengkap dan ikhlas bagi saya lebih berharga daripada nilai SMS yang efisien.

Jadilah tipe orang dalam point ketujuh yang mengucapkan salam dalam teks SMS secara lengkap tanpa ada yag disingkat. Maka, mulai saat ini, berhentilah menyingkat kalimat salam dalam teks SMS ataupun surat karena teks singkatan-singkatan kita hanya akan menjadi deretan huruf yang sia-sia dan tidak mendapatkan pahala dari ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala dikarenakan kita meremehkan doa dan ucapan yang mulia ini.

Wallaahu A’lam Bishshawab

3 thoughts on “Tipe Lafadz “Assalaamu’alaykum” dalam Teks SMS

  1. Masya Allah
    ahsanta ya akhi! barakallahu fiikum.

    Wa Fiyka barakallaah….btw, jazakallaahu Khoir telah menjadi komentar tetap tulisan2 punya ana…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s