Selama Olimpiade, Makanan Halal Dijamin Cukup

BEIJING, JUMAT – Muslimin yang berkunjung ke Beijing selama perhelatan Olimpiade pada Agustus mendatang tidak perlu khawatir karena pemerintah setempat menyediakan makanan halal dalam jumlah cukup.

“Beijing telah memiliki 2.053 tempat penjualan makanan halal, termasuk restoran-restoran dan toko-toko makanan,” kata Wu Shixiong, Deputi Direktur Kongres Rakyat Kota Beijing, dalam suatu laporan kepada komite parlemen, Jumat (25/7).

Ia mengatakan, pemerintah kota telah menyisihkan 32 juta yuan (4,7 juta dollar AS) untuk membuka tempat-tempat penjualan makanan halal di pusat-pusat transportasi seperti bandara ibu kota dan Stasiun Kereta Api Beijing Barat, dan meningkatkan fasilitas pemprosesan makanan di tempat-tempat utama katering Muslim.

“Pasokan daging kambing dan sapi dapat ditemukan di semua tempat penjualan makanan halal,” kata Wu. Lebih dari 10.000 atlet, pelatih, pendamping, dan turis Muslim dari berbagai negara diperkirakan akan berkunjung ke Niujie Street di pinggiran Beijing selama Olimpiade.

Warga Niujie, tempat bermukim warga Muslim China lebih dari 1.000 tahun silam, kini berjumlah 12.000 jiwa. Di situ berdiri Masjid Niujie yang didirikan sejak tahun 996 Masehi.

Pemerintah kota Beijing telah menyeleksi 12 dari 70 masjid di ibu kota negeri Tirai Bambu itu sebagai tempat penyambutan utama bagi tamu Muslim. Para penerjemah akan bertugas di masjid-masjid itu selama Olimpiade berlangsung.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/25/15133713/selama.olimpiade.makanan.halal.dijamin.cukup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s