Tiga Hari Terjaga dengan Ilmu

Selama tiga hari, yakni tanggal 2 – 4 Agustus, aku mengikuti dauroh (kajian intensif) masyayikh Ahlussunnah wal Jama’ah di Masjid Agung kabupaten Bantul Yogyakarta. Dauroh masyayikh ini diselenggarakan oleh www.asysyariah.com dan diikuti oleh ribuan ikhwah Salafiyyin seluruh Indonesia lainnya.

Masya ALLAH….dengan peserta yang mencapai ribuan orang dan memenuhi Masjid Agung Kabupaten Bantul, acara dauroh ini berjalan dengan tertib dan lancar. Pada dauroh tahun ini, panitia menghadirkan tiga ulama ahlussunnah dari timur tengah yaitu :

  • Asy Syaikh Abdullah Al Bukhary (Saudi Arabia-Dosen Universitas Islam Madinah)

  • Asy Syaikh Khalid Adz Dzufairi (Kuwait)

  • Asy Syaikh Abdulllah bin Shalfiq Adz Dzufairi (Saudi Arabia)

Aku bersyukur kepad ALLAH yang telah memberikanpadaku kekuatan dan kesempatan sehingga aku dapat merasakan nikmatnya ilmu bersama para masyayikh walaupun hanya tiga hari. Namun, tiga hari kemarin begitu berharga karena aku terjaga dengan ilmu. Betapa tidak, kajian dimulai pukul 06.00 WIB sampai 11.30 WIB dan 16.30 WIB sampai 17.30 WIB dan 17.15 WIB sampai 21.00 WIB. Dan itu berulang selama tiga hari. Sungguh waktu-waktu yang sangat berharga bagi siapa saja yang haus akan ilmu agama yang lurus ini.

Sungguh mereka (tiga masyayikh) itu adalah lautan ilmu. Mereka menebarkan manisnya ilmu yang akan dapat dirasakan bagi siapa saja yang merindukannya. Dan jangan ditanya apa yang aku apatkan dari dauroh tersebut. Tidak hanya menerangi qalbu yang gelap ini, tapi juga memberikan semangat dan sikap keteguhan yang sempat hilang dari dalam diriku. Semoga ALLAH membalas apa yang telah para masyayikh tersebut dengan kebaikan yang banyak.

Ibarat sebuah handphone yang kehabisan baterai, keimananku di-charge dengan ilmu-ilmu aqidah, manhaj, ibadah, akhlaq dan muamalah di sana. Lagi-lagi aku bersyukur kepada ALLAh atas apa yang telah aku dapatkan dari sana.

Sungguh kurang beruntung orang-orang yang tidak dapat menyempatkan waktunya untuk menghadiri majelis-majelis ilmu dan mendapatkan keutamaannya. Keutamaan menempuh perjalanan untuk mempelajari ilmu agama, keutamaan majelis-majelis ilmu ahlussunnah, keutamaan para ulama-semoga ALLAH menjaga dan merahmati mereka, dan keutamaan menjaga diri dengan ilmu yang haq. Walhamdulillaah…..

Dan sekarang aku harus menunggu sampai tahun depan hingga aku dapat merasakan nikmatnya ilmu bersama para ulama Ahlussunnah yang senantiasa menegakkan sunnah Rasulullah Shalallaahu ’alaihi Wasallam di tengah-tengah manusia. Dan paling tidak, tiga hari kemarin adalah masa-masa yang sangat bermanfaat dan sangat berharga bagi diriku dan kaum muslimin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s