Tips Menghadapi Tilang

Menindak lanjuti posting saya di Dunia Pribadi yang berjudul “Pak Polisi, Maafkan Aku!”, berikut ini adalah beberapa Tips Menghadapi Tilang yang dilakukan Polisi di jalanan. Ada baiknya dibaca secara seksama dan diperhatikan dengan baik agar apabila kita ditilang di jalanan dengan atau tanpa pelanggaran yang kita lakukan di jalanan. Tips ini diperlukan mengingat banyak sekali terjadi kasus-kasus pelanggaran seperti peyuapan oleh tersangka maupun polisi itu sendiri.

1. Jangan panik, tenangkan diri Anda.
2. Tepikanlah kendaraan Anda.
3. Siapkan SIM, STNK.

4. Kenali nama dan pangkat Polantas tersebut. Jangan hentikan kendaraan bila ada orang yang berpakaian preman mengaku sebagai Polantas.
5. Tanyakan kesalahan anda, pasal yang dilanggar dan berapa dendanya. Anda dapat meminta untuk turut melihat tabel pelanggaran yang dimiliki Polantas.
6. Cek apakah tuduhan pelanggaran Polantas tersebut benar atau tidak.
7. Bila tuduhan pelanggaran tidak benar, ajukan keberatan anda dengan sopan dan jangan tanda tangani surat tilang. Terimalah Surat Tilang tersebut sebagai panggilan sidang. Tanyalah tempat, hari dan jam sidang. Ingatlah kronologis kejadian. Anda akan beradu argumentasi dengan polisi tersebut di depan hakim.
8. Bila tuduhan pelanggaran tersebut benar, tanda tanganilah surat tilang. Tanyakan di mana dan kapan Anda harus membayar denda serta di mana dan kapan mengambil barang sitaan baik berupa surat atau kendaraan.
9. Jangan ragu-ragu untuk bertanya bila ada sesuatu yang tidak Anda ketahui atau tidak beres pada Surat Tilang.
10. Laporkan perilaku oknum polisi yang tidak memenuhi prosedur. Anda dapat hubungai Dinas Penerangan (Dispen) POLRI di nomor telepon 5234017, 5709250 untuk ketarangan lebih lanjut.
11. Jangan mencoba untuk menyuap Polantas. Anda dapat dikenakan sanksi untuk usaha menyuap pegawai negeri.

(Sumber : Masyarakat Transparasi Indonesia)
Masyarakat harap mengetahui bahwa hingga hari ini slip biru untuk pembayaran ke denda tilang melalui BRI/ATMnya dan Kantor Pos masih berlaku hingga saat ini. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Direktorat Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Yudi Susharyanto seusai pembukaan pameran nasional Inovasi Pelayanan Aparatur Negara Tahun 2008 dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-62 Polri di Parkir Timur Senayan, Jumat (27/6) pagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s