Aku Benci Perokok !!!!

Seperti sebuah judul sinetron yang pernah ada di stasiun televisi swasta nasional (hal ini bukan berarti saya membolehkan Anda menonton televisi -saya tetap menyatakan bahwa televisi itu haram untuk ditonton), kalimat “Mereka ada dimana-mana” sepetinya sangat tepat untuk menggambarkan tentang banyaknya perokok di sekitar kita. Betapa tidak, anda mungkin dapat dengan mudah menemukan sesosok laki-laki atau bahkan perempuan dengan sebuah batangan rokok dalam gemgaman. Allaahul Musta’an.

Anda dapat menemui mereka di mana saja anda berada. Di rumah, di kantor, di sekolah, di restaurant, di bus kota, di pasar, atau bahkan di masjid pun para perokok itu selalu hadir. Pernah suatu ketika saya shalat di masjid dekat kost saya, dan alangkah kagetnya saya ketika ada seorang bapak paruh baya meletakkan sebuah bungkus rokok di tempat sujudnya dengan isi tinggal separuh berdiri untuk shalat di samping saya. Dari mulut bapak itu tercium bau tak sedap aroma rokok. Astaghfirullaahal ‘adziem. Tanpa disadari olehnya, barangkali dapat dikatakan bapak itu ketika sujud (selain bersujud kepada ALLAH), juga sujud kepada sebungkus rokoknya. Saya kala itu baru tahu kalau posisi rokok bagi sebagian orang menempati posisi yang mulia, sampai-sampai mereka meletakkan rokok di tempat sujud mereka saat shalat.

Ada lagi cerita tentang perokok, yaitu saat saya mengendarai motor di jalanan. Saat itu saya berjalan pelan saja kira-kira 50 km/jam dan saya menyalip seorang pengendara motor yang melaju sangat pelan dengan sebatang rokok di tangan kirinya. Jadi, tangan kanan memegang gas, dan tangan kiri memegang puntung rokok yang masih menyala. Di bus pun, tingkah laku para perokok sungguh membuat dada ini sesak karenanya. Asapnya yang penuh racun menyebar ke mana-mana.

Saya seringkali duduk makan dan minum di angkringan di depan kost dan saya selalu menyingkir setiap kali ada seseorang yang menyalakan rokok. Saya sama sekali tidak peduli tentang perasaan mereka karena mereka sendiri tidak pernah memikirkan perasan saya yang sangat tersiksa dengan asap rokoknya.
Bahkan, suatu kali saat aku berada di bus dan ada seorang bapak hendak menyalakan rokoknya, maka akupun kontan mengatakan : “Maaf, Pak. Boleh saya minta tolong?”. “Ya dik. Ada apa?” Jawabnya.
“Bisa tolong tidak menyalakan rokok di hadapan saya?” pintaku
“Ehmmm. Baiklah” jawabnya dengan raut muka yang penuh sesal dan merah padam karena harus menunda kebiasaan buruknya untuk merokok.

Banyak sekali pengalaman-pengalaman yang mungkin akan memenuhi tulisan ini tentang keseharian saya bersama para perokok. Sebegitu bencinya saya kepada perokok sampai-sampai ketika saya diperintah saudara saya untuk membeli rokok, maka dengan sangat tegas saya menjawab :’ Maaf, kalau membeli rokok, saya tidakbisa melakukannya” . Dan aku akan selalu membenci para perokok selama tangan mereka masih mengenggam rokok.

Saya menasehati para perokok yang muslim agar bertaubat kepada ALLAH dan memahami bahwasanya rokok itu haram untuk dihisap. Janganlah kalian wahai perokok dikalahkan oleh hawa nafsu kalian yang senantiasa mengajak kepada bermaksiat kepada ALLAH. Ketahuilah, bahwasanya barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena ALLAH,maka ALLAH akan menggantinya dengan yang lebih baik. Alasan kalian yang selalu mengeluh kalau mulut kalian terasa pahit kalau tidak merokok atau merasa sangat tersiksa kalau tidak merokok adalah alasan yang datangnya dari hawa nafsu dan syaithan yang menyertai kalian.

Telah jelas dalam diri setiap Muslim yang ikhlas beriman bahwasanya merokok adalah haram dikarenakan akibat yang ditimbulkannya Allah Ta’ala berfirman : Dan janganlah kalian membunuh diri kalian; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepada kalian. (An Nisaa’ 29). Dan telah jelas hadist rasulullaah Shalalaahu ’alaihi Wasallam tentang haramnya mengkonsumsi barang-barang yang dapat membahayakn diri kita sendiri, ”Tidak boleh (menggunakan / melakukan) sesuatu yang membahayakan” (Riwayat Imam Ahmad dan At Tirmidzi).

Dan mungkin sudah masyhur di kalangam masyarakat bahwa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh rokok ada sangat banyaksekali sampai-sampai produsen rokok pun tahu hal itu dengan mencantumkan peringatan dalam kotak kecil di bawah bungkus rokok. Namun, mereka tetap memproduksi dan memasarkan rokok mereka. Maka saya pun mensehati kepada para produsen rokok agar berhenti memproduksi dan memasarkan rokok mereka. Carilah rizqi ALLAH lewat cara yang Halal.

Mungkin pra perokok akan kembali berkata: ”Bagi saya rokok tidak membahayakan karena selama ini saya tidak mengalami gangguan kesehatan apapun” . Maka ini adalah sebuah ucapan kesombongan yang menantang ALLAH untuk menurunkan adzab padamu. Jangan kau perbudak dirimu dengan hawa nafsu demi sebuah kehinaan dalam asap rokok.

As-Syaikh Al Muhaddits Al Hafizh Al Faqih Mufti Kerajaan Saudi Arabia Bagian Selatan, Ahmad bin Yahya bin Muhammad Syabir An-Najmi Alu Syabir Al Atsari—Rahimahullaahu Ta’ala berkata mengomentari hadist Rasulullaah :” “Barangsiapa memakan bawang putih, bawang merah dan bawang bakung,maka janganlah dia mendekati masjid kami. Sebab sesungguhnya para malaikat terganggu sebagaimana manusia terganggu darinya”.

Syaikh berkata: Dan diantara hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalamnya dan berlaku hukumnya padanya tanpa bimbang dan ragu adalah rokok, yaitu tembakau dengan berbagai jenisnya, sama saja apakah yang dibakar seperti rokok sigaret, syisyah dengan peralatan khasnya), atau tembakau bubuk yaitu yang dinamakan syammah atau burduqan atau yang dihirup yaitu *’anjaz*.

Cukuplah tulisan ini untuk menyatakan bahwa saya membenci para perokok dikarenakan akibat yang ditimbulkan olehnya bagi orang yang menghisapnya demi sebuah kenikmatan sesaat dan akibat yang ditimbulkan bagi orang yang menghirup asapnya. Dan juga karena ALLAH dan RasulNya telah sangat jelas melarang kita untukmerokok..
Wallaahul Musta’an wal Muwaffiq.

4 thoughts on “Aku Benci Perokok !!!!

  1. bismillah
    ana juga gitu, akh. Kalao deket ma perokok itu, rasanya hidung ini kayak ada yag nusuk2 gitu. Wuih, masya Allah, nggak uenake pollll.
    Jan weslah. Paling enak itu manut Sunnah, Quran lan Hadits. Tumrap wong kang beriman iku, Insya Allah selamet…

    Ya….sering terbersit rasa untuk mengambil rokok yang ada di tangan mereka secara paksa. Kalau tidak dikarenakan mafsadah yang ditimbulkan, sudah ana lakukan dari dulu. Semoga ALLAH merahmati kita semua yang berjalan di atas Aqidah dan Manhaj yang lurus ini

  2. yup i agree with u…
    dari segi kesehatan pun sama sekali tidak ada manfaatnya…
    para perokok tak lain adalh mutan,,
    karena nikotin dalam rokok akan mjd small adducts di setiap DNA tubuhnya..
    small adducts menyebabkan mutasi..
    mutan=makhluk yang mengalami mutasi,,
    jadi ibaratnya neeh mereka tak ada bedanya dengan para tokoh di film X-Men hehe…

    Terima kasih Bu (calon) dr.Intan Lindya Sari atas penjelasannya dari sisi “medis”…..

  3. sama mas aku juga buuueenncii rokok.
    buat antum maju terus dan selalu istiqomah diatas manhaj salaf

    Ya…bukan hanya rokoknya yang saya benci, tapi juga perokoknya, pedagang rokok, dan tentu saja produsen rokoknya…
    Amiin…barakallaahu Fiyk….

  4. merokok dapat menyebabkan : kanker, jantung, impotensi dan gangguan kehamilan !!! jadi lebih di tinggalkan saja.. ini sich pendapatku.

    Kebetulan pendapat anda sama dengan tulisan yang ada di bungkus rokok. hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s