Antara Aku dan Tulisanku

Pernah ada suatu survey di kalangan netters tentang aktivitas apa yang paling banyak dilakukan selama browsing, dan hasilnya adalah Menulis Online. maksudnya, sebagian besar netters menulis tulisan, entah itu cerita, berita, maupun sekadar memberi komentar kepada sebuah website di internet. Dan sisanya dihabiskan untuk yang selain menulis seperti mencari berita, download, dan upload. Jadi, sebagian besar netters lebih suka menghabiskan waktunya di hadapan monitor untuk menulis sesautu secara Online.

Tapi, agaknya saya berbeda. Saya sama sekali tidak bisa menemukan suatu ide untuk menulis tulisan secara Online. Kenapa? karena bagi saya menulis membutuhkan ketenangan, suasana yang damai dan dalam keadaan relaks. Dan menulis secara Online bagiku hanya akan mematikan ide tulisanku. Betapa tidak, setiap kali aku mengakses internet, aku harus bersama-sama dengan pengguna internet lain di kampus dan suasana di dalam ruangan itu tidak memungkinkan bagiku untuk menulis. Dan juga, selama browsing, konsentrasiku terbelah untuk yang lainnya seperti download ataupun upload.

Selama ini, saya menghasilkan tulisan-tulisan, yang sebagian besarnya anda telah baca, dalam keadaan relaks di kamar kost yang tenang, semua masalah telah selesai pada hari itu, dan biasanya waktu-waktu itu adalah waktu-waktu menjelang tengah malam. Ya, waktu-waktu menjelang tengah malam bagi saya adalah waktu-waktu yang sangat pas untuk menemukan ide tulisan-tulisan saya. Sebagian besar tulisan yang anda baca di blog ini misalnya, adalah tulisan yang saya kerjakan menjelang tengah malam sekitar jam 23.00 sampai 01.00 malam. Suasana malam yang tenang, semua masalah pada hari itu telah selesai saya kerjakan, dan tubuh berada dalam kondisi relaks memungkinkan saya menemukan ide-ide untuk menulis.

Berbeda dengan orang lain yang masih tetap produktif menghasilkan tulisan-tulisan mereka yang berkualitas walau dalam kondisi sekitar yang gaduh, suasana hati tidak tenang, dan tidak dalam kondisi relaks, saya justru sebaliknya. Bagi saya tulisan yang saya tulis di blog ini misalnya tidak boleh asal menuilis karena semua orang membaca tulisanyang aku muat di blog ini. Isinya harus menarik, bermanfaat (bagi diri saya sendiri dan orang lain), atau paling tidak tulisan saya dapat menginspirasi banyak orang yang membacanya. Dan saya menganggap bahwa saya tidak akan menulis tulisan yang berkualitas kalau kondisi sekitar tidak mendukung. Tulisan seperti yang ada di blog ini misalnya, yang saya bagi menajdi beberapa kategori tulisan, bagi saya memerlukan sebuiah pemikiran yang serius untuk menulis tulisan yang msing-masingnya saya kategorikan. terkadang saya harus menulis tuliasan pribadi saya, aktivitas  kuliah, Tulisan Keislaman, dan seterusnya. Perlu bagi saya sebuah waktu khusus dan konsentrasi yang penuh untuk menghasilkan tuliasn-tulisan yang menurut saya layak untuk saya muat.

Saya baru menyadari bahwa saya memiliki ketertarikan dengan menulis baru sekitar 1 tahun belakangan ini. Sebelumnya, saya sama sekali kesulitan untuk menemukan ide menulis. menulis bukan sekadar menulis, tapi yang terpenting adalah tulisan itu dapat bermakna bagi saya pribadi dan orang lain. Dan akhirnya saya pun memohon kepada ALLAH agar diberikan taufiq sepanjang hidup ini dan juga diberikan manfaat sepanjang hidupku di dunia semata-mata mencari Ridha ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala, termasuk dalam semua tulisan yang aku buat selama ini. Cukuplah bagiku ALLAH yang membalasnya………..

3 pemikiran pada “Antara Aku dan Tulisanku

  1. Kalo Aku cita-citane pengin jadi penulis. Kata Pa Romi SW (ilmukomputer.com), menulis itu sebagai cermin bertambahnya ilmu kita. Jadi, kalo mo tambah pinter, ya ilmunya ditulis….
    Tulislah ilmu apa saja yang pengin kamu kuasai,
    termasuk Ilmu Kuliah…
    Gitu menurutku…^_^

    mas hafidz, tujuan saya menulis di blog adalah :
    1. Da’wah Islamiyyah
    2. Mencari pahala
    3. Menyalurkan ketertarikan
    4 Mengisi waktu luang.
    5, Menambah pengetahuan
    6. Menambah isi kantong (kalau bisa)

  2. sebuah kebiasaan n kegemaran yg sgt menarik…
    teruskan ia p ustad..
    biar aq bs bc postingan2mu yg menarik n cerdas..
    biar bs tak komentarin..hehe
    eh kapn2 ajarin aq bikin blog dumz…

Tinggalkan Balasan

