Ketika Aku Kehabisan Ide Menulis

about_blankBeberapa hari ini, saya jarang sekali menulis tulisan di dalam blog saya ini. Tulisan yang  saya maksud adalah tulisan yang saya buat sendiri, bukan hasil salinan dari orang lain. Ya, tulisan yang dibuat berdasarkan pengalaman, kisah hidup, atau ide-ide saya yang saya anggap layak dan menarik untuk dimuat di blog saya. dan pada akhirnya blog saya hanya berisi artikel yang saya salin dari blog teman-temanb yang lain, atau kontan aktivitas blogging saya hanya upload files di blog ini. sudah lama saya tidak menulis tulisan yang Originally saya buat sendiri dengan jari ini. Ya, beberapa hari ini, SAYA KEHABISAN IDE MENULIS!!

Entah kenapa, agaknya faktor-faktor seperti kesibukan (bukan berarti saya sok sibuk), lesu semangat, suasana hati yang tidak mendukung dan tidak adanya tema yang layak dan menarik untuk ditulis di blog ini mungkin menjadi sebab habisnya ide saya untuk menulis. Sebenarnya ada beberapa tulisan menyangkut kehidupan sehari-hari saya yang ingin saya tulis, namun saya terkendala suasana hati yang sedang tidak mendukung untuk menciptakan tulisan yang menraik dan layak untuk dimuat di blog ini.

Saya pun sedang memikirkan hakikat tujuan saya membuat blog ini. Hanya untuk hiburan hati, curhat, dakwah Islam, atau mendapatkan uang lewat blogging atau bahkan semuanya?? Itu yang sekarang saya bingung. Mungkin ada di antara anda yang memiliki nasehat bagi saya tentang tujuan yang baik bagi Blogger Salafiyyin? karena saya kemarin membaca nasehat dari AL Ustadz Abdul Mu’thi Al Maidani di dalam blog beliau tentang nasehat kepada para blogger Salafiyyin, yaitu:

“Bila mereka tidak mampu menjadikan blog-blog mereka sebagai sarana yang mengandung maslahat dan jauh dari kerusakan, baik bagi diri-diri mereka maupun orang lain, saya nasehatkan agar mereka menyibukkan diri dengan ilmu dan amal, lalu serahkan perkara dakwah kepada ahlinya. Karena segala yang kita ucapkan, tuliskan, dan lakukan akan dimintai pertanggung jawabannya disisi Allah, dan Allah Maha tahu atas segalanya.
Semoga Allah merahmati barangsiapa yang tahu akan kadar dirinya. Wallahu a’lam bish shawab”

(Dikutip dari Blog Ustadz Abdul Mu’thi’)

Jadi, saat ini, saya sedang berusaha meluruskan niat saya agar blog ini benar-benar dapat mendatangkan manfaat bagi diri saya pribadi dan orang kebanyakan. Semoga ALLAH menanugerahkan taufiq kepada saya. Namun, hasrat saya untuk menuangkan ide-ide saya sungguh tidak dapt dibendung sehingga rasanya aneh kalau dalam beberapa hari ini saya tidak menulis tulisan tentang kehidupan pribadi ataupun ide-ide yang saya anggap menarik untuk dimuat. Entahlah, bagi saya saat ini, mungkin inilah jalan bagi saya dari ALLAH agar saya lebih berkonsentrasi dengan ilmu yang bermanfaat, dan lebih fokus dengan kehidupan real.

Saya juga pernah membaca sebuah posting artikel di sebuah blog bahwa “Jika anda lebih sibuk dengan dunia maya yang anda telusuri, maka akan semakin jauh dunia nyata dari anda”. Ya, saya sadar, semakin  saya lebih menyibukkan diri dengan aktivitas dunia maya yag saya telusuri, maka dunia nyata yang saya jalani akan menjauh sejenak dari saya. Ada sebagian orang, karena terlalu lama dan seringnya duduk di depan monitor untuk browsing, sampai-sampai lupa aktivitasnya di kehidupan real.

Maka, saya menasehatkan kepada Anda semua agar segala yang anda lakukan di dunia maya ini dapat bermanfaat dan ingat bahwa kehidupan real lebih berarti bagi Anda daripada dunia maya ini. Karena, kehidupan anda di kehidupan nyata jauh lebih berpengaruh bagi anda! Okey….Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Tinggalkan Balasan

