Facebook Quiz berkata tentang Fadhly

logo_facebookBeberapa saat yang lalu, melalui situs pertemanan di http://www.facebook.com , saya mengikuti sebuah kuisioner tentang kepribadian seseorang. Tanpa ragu, saya pun mengikutinya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Paling tidak sebagai bahan introspeksi diri saya sendiri dan orang lain. Ada sekitar 10 (sepuluh) pertanyaan yang diajukan (mohon maaf, karena pertanyaan tidak dapat ditampilkan), dan kesemuanya saya jawab berdasarkan apa yang mencocoki kepribadian saya. Dan hasilnya adalah:

Menurut Quiz di Facebook, Kepribadian saya adalah KOLERIS. Apa itu KOLERIS? Sebuah istilah untuk menyebut penderita kolera kah? Tentu Tidak! Facebook Quiz tersebut menyebutkan karakter saya :

hmm, yang enak enak dulu ya, .. anda memiliki bakat pemimpin, tegas, penuh pendirian, tanggung jawab hingga tugas selesai, dan dapat diandalkan. Dunia semakin lebih baik dengan kepemimpinan anda. wah, enak juga ya jadi koleris ..


sudah bisa memimpin sejak kecil, suatu bakat yang menyenangkan sepertinya … tapi jangan senang dulu karena ada kelemahan dibalik karakter ini, yaitu ..


karena secara alami memimpin, maka paling suka bossy nyuruh nyuruh, keras kepala dan tidak suka menjadi pengikut. Tegas karena penuh pendirian jadi sering menganggap dirinya benar tapi orang lain salah plus tentu saja hobinya yang mengkritik.

Bertanggung jawab hingga tugas selesai sampai sampai paling gak suka (atau kadang panik marah) bila tugas tersebut di lakukan orang lain dengan cara yang lain (orang lainkan salah, saya benar), dan karena hasil akhirnya bagus dan orang lain semakin mengandalkannya, semakin yakin pula bahwa dia benar orang lain salah.

Emosi yang serius dan goal orientasi membuat orang sekitar merasa perlu mengikuti kehendaknya.


Berhubung berorientasi pada hasil akhir, maka koleris sering tidak sabaran pada proses perjalanan hidupnya dan sering kali merasa tidak perlu orang lain karena orang lain hanya pengganggu saja.


Maka, khusus untuk koleris, hal hal yang perlu tangani secara harian adalah :


1. Belajar menikmati proses (seperti bersiul, bersenang senang, istirahat, relaxasi dll) Karena kerja kita akan lebih efesien dengan perasaan senang daripada terburu buru.


2. Belajar bekerja dengan orang lain. Mungkin hasilnya tidak maximal, tapi itu lebih baik dari pada hasil maximal dikerjakan sendiri tapi menyakiti perasaan orang banyak.


3. Sabarlah terhadap kondisi dan sikap orang lain. Debat sama sekali tidak ada gunanya. keluwesan dalam menangani situasi sangat dibutuhkan dalam kesuksesan hidup.


4. Belajar menghargai kelebihan orang lain walaupun sedikit. Kurangi kritikan, tidak ada yang suka dikritik !! tapi orang suka dihargai.

Saya pun akhirnya merenung, hampir semua yang dipaparkan dari hasil quisioner tersebut ada pada diri saya. Maka, ini pertanda baik atau ada banyak yang perlu dikoreksi dari saya?

Lantas, Bagaimana Anda melihat karakter saya?

3 thoughts on “Facebook Quiz berkata tentang Fadhly

  1. ألسلام عليكم ورحمة اللهِ وبركاته
    adakah keingginan mencalonkan diri jd presiden RI tahun 2025???

    Wa’alaykumussalaam Warahmatullaah Wabarakatuh…
    Capres 2025? hwahwhahaha mengada2 saja… lha wong Umar bin Abdul Aziz saja saat ditunjuk jadi khalifah, beliau langsung mengucap :”Inna Lillaahi Wa Inna Ilaihi raji’uun…”, apa lagi saya.. yah? maaf deh, gak tertarik tuh….hehehehe..

  2. alhamdulillah, saya mendukung skali dengan ketidak tertarikan antum!!!!hehe

    ya betul.. mengurus sendiri saja belum becus, apalagi mengurus negara… nanti dulu lah….

  3. Assalamualaikum…………
    Lam knal ya buat Fadhly,,
    Tampilan Blog Fadhly sangat menarik,,
    Bisa bagi2 ilmunya ya,,biar Blog aku juga enak diliat.
    Fadhly memiliki jawa Leader tapi jangan menjadi Leader yang kaku ya..maksudnya,,mau menerima pendapat orang lain,,trz mau berdiskusi dengan aku,,hehehe. Biar aku bisa smart kaya Fadhly,,,Hehehe
    jo GR yo ………….
    salam buat anak2 UGM,,
    walopun aku bukan Mahasiswa UGM………….
    Wasalam….

    Wa’alaykumussalaam Warahmatullaah Wabarakatuh…
    Yaa.. slam kenal juga buat Mba’ Puji….
    Alhamdulillaah kalau blog-nya menarik….
    yaa semuanya by process… semakin sering ngeblog.. semakin kreatif nambah-nambahin fitur tampilannya…
    Insya ALLAH jadi Leader…walaupun minimal jadi Leader untuk memimpin dirinya sendiri….
    I’m Smart? Mungkin Mba’ Puji salah orang….hehe…
    Salam buat anak UGM yang mana,nih? ada puluhan ribu anak UGM di sini…….tapi yah ntar salamnya berupa promosi blog-nya mba’ Puji….

Tinggalkan Balasan

