Ke Mana Tulisan Saya (Menghilang) ?

chp_adv_essay2Sudah lebih dari sebulan saya tak kunjung menggerakkan jari-jari lentik (kalau boleh dikatakan lentik) di atas keyboard untuk menuangkan ide-ide yang berkeliaran di benak saya ini. Saya kembali berpikir, toh kesibukan saya tak terlalu padat, semangat pun masih terjaga, dan ada banyak kisah yang selayaknya bisa saya ketengahkan sebagai sebuah opini, pembelajaran, dan mengandung sedikit nilai untuk direnungkan (setidaknya menurut saya pribadi). Menulis memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang “addicting” bagi diri saya. Olehnya saya belajar membuka pikiran, melatih kedewasaan berpikir, dan mencoba memberikan sesuatu yang (lebih) bermanfaat bagi diri saya dan orang lain. Saya pun iri melihat blog-blog sebelah yang sudah kembali ramai dengan tulisan-tulisan mereka yang inovatif dan inspiratif. Entah karena terpukau dengan tulisan-tulisan di blog-blog lain, sehingga saya sendiri lalai dengan tulisan di blog saya sendiri dan minim karya sendiri yang “layak” diketengahkan ke hadapan orang banyak.



Menulis kisah, opini, dan nasehat yang seringkali saya tampilkan di blog ini merupakan kesukaan saya di mana melalui tuisan yang saya hadirkan iulah saya mampu menuangkan kegusaran saya terhadap beberapa kejadian yang saya alami di kehidupan ini. Tak hanya itu, dan menulis pun tak harus egois dengan ide pribadi yang diangklat, namun juga harus memikirkan perasaan dan reaksi orang lain yang akan membacanya. Tulisan yang dipampang di sebuah blog merupakan cermin pikiran sang penulis itu sendiri, seberapa baik dirnya menuangkan kematangan berpikirnya dalam tulisan yang dibuat.Dan yang menjadi salah satu yang terpenting adalah belajar kepada orang lain. Saya seringkali berkunjung ke blog-blog yang saya anggap berkualitas dan membaca tulisan-tulisan sang pemilik blog yang inspiratif, menggugah semnagat untuk bagkit dan menciptakan new spirit. Tak ayal itu semua melatih saya untuk lebih matang dalam “berkarya” dalam tulisan saya.



Tulisan yang baik, bagi saya tidak melulu berasal dari seseorang yang sudah populer sebagai penulis handal dengan pilihan kata yang indah dan isi yang padat nan ilmiah. Namun, tulisan yang baik pun dapat muncul dari seseorang yang biasa-biasa saja, tanpa bekal pengalaman sebelumnya. Point yang diinginkan dari sebuah tulisan adalah sejauh mana pembaca tulisan itu mampu menyerap isi dari kalimat-kalimat yang ada dan mengambil manfaat darinya kendati tulisan itu adalah tulisan yang pendek. Kesederhanaan penulis dalam menuangkan ide dan pikiran yang tertanam dengan kuat dalam tulisannya menumbuhkan spirit baru bagi pembaca agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki setiap orang di tengah krisis percaya diri yang melanda banyak orang.Kegigihan dan kejelian kita mengubah suatu kesederhanaan dan bahkan kelemahan atau kekurangan, menjadi sebuah kekuatan adalah kunci keberhasilan.



Tak hanya itu, tulisan yang tajam, dan terfokus pada satu titik bahasan juga dapat melatih seseorang menjadi seorang yag mahir dalam menangani masalah. Beberapa manfaat inilah yang membuat saya berpikir dua kali sebelum menciptakan tulisan baru. Dan itu tidak memberikan sebuah alasan bagi saya untuk tetap vakum di tengah setumpuk cita-cita yang membayang. Berhenti hanya akan membuat diri saya kosong tanpa arti dan tidak menjadi apa-apa bagi orang lain. Oleh karenanya, saya akan tetap bersemangat menuangkan ide-ide saya dalam berpuluh-puluh file tulisan bebas yang akan senantiasa hadir menemani kunjungan anda di blog saya ini . Akhir kata, semoga yag dikit ini bisa membuat Anda semua (ikut) bersemangat menghasilkan tulisan-tulisan yang bermutu, dan oran lain mampu memetik manfaat dari tulisan Anda !


Semangat ! Semangat!

Tinggalkan Balasan

