Islam Menjawab “2012”

Kiamat 2012 mengguncang dunia, demikian headline di beberapa media massa akhir-akhir ini, ternyata isi beritanya tentang sambutan gegap gempita dari masyarakat dunia terhadap sebuah film yang bercerita tentang terjadinya kiamat pada tahun 2012. Film ini diangkat dari ramalan bangsa Maya kuno paganis yang berasal dari Meksiko, bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012.

Berbicara tentang ramalan kiamat sebenarnya bukan hal baru, banyak sekali paranormal dan tukang ramal sejak dulu telah menyesatkan masyarakat dengan ramalan waktu terjadinya kiamat, namun satu yang pasti: semua ramalan tersebut tidak pernah terbukti sama sekali. Anehnya masih banyak juga yang mau percaya, bahkan rela merogoh kocek hanya demi menonton film tersebut.

Meski kami tahu, alhamdulillah kaum muslimin pada umumnya tidak mudah terpengaruh untuk percaya dengan ramalan-ramalan tersebut, bahkan ada seorang muslim yang sangat awam mengatakan, “kiamat di tangan Allah bukan di tangan orang-orang Hollywood”.

Akan tetapi kewajiban kita sebagai muslim untuk saling menasihati, mengingatkan saudara-saudara kita, ternyata ada bahaya besar di balik film tersebut, yaitu bahaya atas aqidah seorang muslim.

Ilmu ghaib hanya milik Allah Subhanahu wa Ta’ala

Apa yang akan terjadi di masa depan temasuk perkara ghaib, tidak ada yang memiliki ilmunya, baik malaikat, manusia maupun jin, kecuali Allah Ta’ala. Ini adalah salah satu pokok keimanan yang harus diyakini oleh setiap hamba.

Maka termasuk kesyirikan:
1. Apabila seorang mengaku mengetahui ilmu ghaib,
2. Apabila seorang mempercayai ada selain Allah yang mengetahui ilmu ghaib.
Karena pengetahuan tentang ilmu ghaib merupakan kekhususan bagi Allah Tabaraka wa Ta’ala. Sebagaimana yang Allah Ta’ala tegaskan dalam banyak ayat, diantaranya:

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ

“Katakanlah, “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui hal ghaib, kecuali Allah Ta’ala” Dan mereka tidak mengetahui bilakah mereka akan dibangkitkan.” (QS. An-Naml: 65)

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tak ada yang mengetahuinya melainkan Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan dan tidak sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahui, dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (lauhul mahfudz)” (QS. Al-An`am: 59)

Kapan terjadi kiamat termasuk ilmu ghaib, hanya Allah Tabaraka wa Ta’ala yang memiliki ilmunya

Tidak diragukan lagi bahwa pengetahuan tentang waktu terjadinya kiamat adalah termasuk perkara ghaib, hanya Allah Ta’ala saja yang tahu kapan terjadinya kiamat, tidak ditampakkan kepada makhluk-Nya karena suatu hikmah. Allah Ta’ala berfirman:

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“Mereka bertanya kepadamu tentang (kapan datangnya) hari kiamat. Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kapan datangnya hari kiamat itu hanyalah di sisi Allah.” Dan tahukah kamu (wahai Muhammad) boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al-Ahzab: 63)

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabbku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.” (QS Al-A’raf: 187)

Bahkan malaikat yang paling mulia sekalipun, yaitu Jibril ‘alaihissalam dan Rasul yang paling mulia, yaitu Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam juga tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat.

Sehingga ketika Jibril datang dalam bentuk seorang laki-laki dan bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, “kapan terjadinya kiamat”, sebuah pertanyaan untuk mengajarkan kepada para sahabat bahwa tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya kiamat kecuali Allah ‘Azza wa Jalla, maka dijawab oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam: “tidaklah orang yang ditanya lebih tahu dari yang bertanya.” (sebagaimana dalam hadits yang panjang, yang dikenal dengan istilah hadits Jibril, diriwayatkan oleh al-Imam Muslim, lihat hadits Arba’in ke-2).

Bentuk Kekafiran dari sisi lain: Mendustakan hadits-hadits tentang tanda-tanda kiamat

Termasuk bagian dari rukun iman yang kelima, yaitu beriman dengan hari kiamat adalah mengimani terjadinya tanda-tanda kiamat. Hal tersebut telah dijelaskan dalam banyak ayat dan hadits yang shahih, bahkan sebagiannya mutawatir. Diantaranya dalam hadits Hudzaifah bin Asid al-Ghifari radhiyallahu’anhu:

اطَّلَعَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ. قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ. قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ. فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ -صلى الله عليه وسلم- وَيَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلاَثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan kami ketika sedang berbincang-bincang. Beliau berkata, “Apa yang sedang kalian perbincangkan?” Kami menjawab, “Kami sedang berbincang-bincang tentang hari kiamat.” Beliau bersabda:

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda.” Lalu beliau menyebutkan, “[1] Dukhan (asap yang meliputi manusia), [2] Keluarnya Dajjal, [3] Daabah (binatang yang bisa berbicara), [4] terbitnya matahari dari barat, [5] turunnya ‘Isa bin Maryam ‘alaihimassalam, [6] keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, [7,8,9] terjadinya tiga longsor besar yaitu di timur, di barat dan di jazirah Arab, yang terakhir adalah [10] keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya mereka”.” (HR. Muslim no. 7467)

Dari kesepuluh tanda-tanda kubro ini yang paling jelas pengingkarannya pada tanda yang kelima, yaitu tentang turunnya Nabi ‘Isa ‘alaihissalam, karena dalam hadits yang shahih diterangkan bahwa lama tinggal Nabi ‘Isa ‘alaihissalam di bumi adalah selama 40 tahun, kemudian beliau meninggal dunia dan disholati oleh kaum muslimin (sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Al-Imam Ahmad, Abu Dawud dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 2182).

Sedangkan ramalan kiamat bangsa Maya akan terjadi pada 21 Desember 2012, berarti jaraknya tinggal 3 tahun lebih sedikit, padahal Nabi ‘Isa ‘alaihissalam akan tinggal di bumi selama 40 tahun. Ini jelas penyesatan dan pendustaan secara tidak langsung terhadap hadits Nabi shallallahu’alaihi wa sallam yang mulia, satu dari dua wahyu Allah (al-Qur’an dan al-Hadits).

Demikian pula, termasuk tanda kubro sebelum turunnya Nabi Isa ‘alaihissalam, adalah diangkatnya Imam Mahdi sebagai pemimpin tunggal kaum muslimin dan beliau akan berkuasa selama 7 atau 8 tahun (dan Nabi ‘Isa ‘alaihissalam turun pada masa kepemimpinan beliau) (sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Hakim dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 711).

Juga tidak akan terjadi kiamat sebelum kaum muslimin mengalahkan kaum penjajah dan teroris sejati: yahudi. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمُ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِىُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوِ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِىٌّ خَلْفِى فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ. إِلاَّ الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

“Tidak akan terjadi kiamat sebelum kaum muslimin memerangi orang Yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai orang Yahudi bersembunyi di belakang batu dan pohon; maka batu dan pohon itu berkata, “Wahai Muslim, wahai hamba Allah, inilah orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah,” kecuali pohon gharqad, karena sesungguhnya ia adalah pohonnya Yahudi.” (HR. Muslim no. 7523)

Sebagaimana kaum muslimin pada akhir zaman akan menundukkan semua kekuatan orang-orang kafir di muka bumi ini. Dan sudah dimaklumi bahwa pembuat film ini adalah seorang Yahudi, sehingga tidak berlebihan kalau kita bertanya-tanya, apakah ini gambaran ketakutan mereka kepada kaum muslimin, sekaligus ingin memadamkan semangat jihad plus mengkaburkan aqidah kaum muslimin!?

Dan masih banyak hadits lain tentang tanda-tanda kiamat yang mungkin didustakan dalam ramalan tersebut.

Sejatinya, ketika terjadi kiamat tidak ada lagi orang beriman di muka bumi ini, karena Allah Ta’ala telah mewafatkan semua orang yang beriman sebelum terjadinya kiamat. Sehingga yang menyaksikan terjadinya kiamat hanyalah orang-orang kafir, bahkan mereka adalah seburuk-buruknya manusia yang tersisa di muka bumi ini. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ شِرَارِ النَّاسِ مَنْ تُدْرِكُهُ السَّاعَةُ وَهُمْ أَحْيَاءٌ وَمَنْ يَتَّخِذُ الْقُبُورَ مَسَاجِدَ

“Sesungguhnya diantara makhluk yang paling buruk (di sisi Allah) adalah orang yang masih hidup ketika terjadinya kiamat dan orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid.” (HR. Ahmad, dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ahkamul Janaiz hlm. 216)

Faidah: Yang dimaksud dengan menjadikan kuburan sebagai masjid mencakup dua makna, pertama: shalat di pekuburan, kedua: membangun masjid di pekuburan (lihat I’anatul Mustafid bi Syarhi Kitabit Tauhid, Asy-Syaikh Sholih al-Fauzan hafizhahullah 1/298).

Kesimpulan

Mempercayai ramalan terjadinya kiamat pada tahun 2012 termasuk kesyirikan dan kekafiran kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lalu bagaimana mungkin seorang mukmin bisa terhibur dengan film, maupun acara-acara perdukunan seperti The Master dan lainnya yang berdasarkan pada sesuatu yang sangat dimurkai Allah!?

Padahal setiap mukmin tidak saja dituntut untuk menjauhi kekafiran, tapi juga dituntut untuk membenci kekafiran tersebut dan pelaku-pelakunya. Inilah satu permasalahan penting dalam aqidah seorang muslim yang dikenal dengan istilah al-wala’ wal bara’, kecintaan dan permusuhan. Bahwa cinta seorang mukmin kepada iman dan orang-orang yang beriman dan kebenciannya kepada kekafiran dan orang-orang kafir. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam telah memberikan teladan yang baik dalam hal ini:

قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّى تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ

“Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagi kalian pada Ibrahim dan orang-orang yang bersamanya; ketika mereka berkata kepada kaumnya: ‘Sesungguhnya kami berlepas diri dari kalian dan apa yang kalian sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran) kalian serta telah nyata antara kami dan kalian permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya, sampai kalian beriman kepada Allah saja.” (QS. Al-Mumtahanah: 4)

Sehingga termasuk kekafiran:
1. Apabila seorang mencintai atau meridhoi kekafiran meskipun ia tidak melakukannya,
2. Apabila seorang mencintai orang kafir karena kekafirannya.
Adapun seorang yang mencintai orang kafir bukan karena kekafirannya, seperti karena dunia dan lainnya, maka tidak termasuk kekafiran, namun termasuk dosa besar (lihat Syarah Tsalatsatul Ushul, Asy-Syaikh Sholih Alu Syaikh hafizhahullah, hlm. 27)

Maka sangat dikhawatirkan, hadirnya kita untuk menonton dan mencari hiburan dari acara-acara kekafiran termasuk dalam bentuk meridhoi kekafiran tersebut.

Di sisi lain, menonton film tersebut minimalnya termasuk perbuatan sia-sia dan membelanjakan harta untuk kesia-siaan, padahal masih banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan untuk kebaikan dunia dan akhirat kita. Demikian pula jika kita renungkan sejenak, tentang harta yang kita keluarkan hanya demi suatu hiburan belaka, padahal di negeri kita sendiri terlalu mudah untuk bertemu peminta-minta setiap harinya di jalan-jalan negeri kita dan di belahan bumi lain banyak saudara-saudara kita kaum muslimin, seperti di Palestina, Afganistan, Iraq, dan lainnya yang sangat membutuhkan uluran tangan kita, karena sekedar untuk mendapatkan sesuap nasi terlalu sulit bagi mereka disebabkan penjajahan yang dilakukan oleh orang-orang kafir, sementara kita di sini, menghambur-hamburkan harta untuk hiburan yang tidak syar’i!?

Adapun bagi mereka yang ingin mengambil hikmah atau pelajaran dari film, novel, nyanyian (baca: nasyid) dan yang sejenisnya, ketahuilah itu termasuk tipu daya setan untuk menjauhkan kita dari al-Qur’an dan cabang-cabang ilmunya yang sangat banyak. Barangsiapa yang tidak bisa mengambil pelajaran dari al-Qur’an maka bagaimana mungkin ia bisa mengambil dari selainnya!?

Ingatlah, setiap detik yang kita lalui dan setiap harta yang kita belanjakan pasti akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعٍ : عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ ، وَعَنْ عِلْمِهِ مَاذَا عَمِلَ فِيهِ ، وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ ، وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلَاهُ

“Tidak akan bergerak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dimintai pertanggung jawaban tentang empat perkara, tentang umurnya ke mana ia habiskan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan dan ke mana ia belanjakan dan tentang badannya untuk apa ia pergunakan.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shohihut Targhib no. 126)

Oleh karenanya, yang paling penting bagi kita bukanlah mengetahui kapan terjadinya kiamat, tapi apa yang telah kita siapkan untuk menghadapi hari kiamat.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَتَى السَّاعَةُ قَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا أَعْدَدْتَ لَهَا ». قَالَ حُبَّ اللَّهِ وَرَسُولِهِ. قَالَ « أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

“Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu bahwasannya, seorang Arab dusun bertanya kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, “kapan terjadinya hari kiamat”, maka Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya, “apa yang telah engkau siapkan untuk menghadapi hari kiamat”, ia menjawab, “kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya”, maka Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “engkau akan bersama dengan yang engkau cintai”.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Wallahu Ta’ala A’la wa A’lam.

Disalin dari : Notes Ustadz Sofyan Chalid Ruray di Facebook

Iklan

39 pemikiran pada “Islam Menjawab “2012”

  1. tak ada manusia y tau kapn kiamt tba,, yg jelas tanda2 pasti ada……. tegak dulu KHILAFAH

    Betul.. tidak ada makhluk pun yang tahu kapan kiamat, kecuali hanya sang Khaliq, ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala….

  2. namanya juga fìlm. justru kontroversi seperti inilah yg memicu orang2 utk menonton film 2012. akhirnya jd mkn laris d filmnya.
    orang jdnya bkn penasaran sm spt apa kiamat 2012. tapi lebih penasaran spt apa film 2012 yg kontroversi tsb

  3. saya pribadi NONTON the master hanya hiburan biasa,itu hanya trik bukan sihir.orang2 the master hanya manusia biasa ilmu mereka hanya setetes air dilautan,kalau di bandingkan dgn kepandaian TUHAN.seharus nya kita bangga sm orang2 the master karna mereka di pilih ama tuhan DIBERI kepandaian untuk menghibur orang bukan untuk menyesatkan orang2.LANJUT KAN.

  4. INI KAN CUMAN FILM ALIAS BOONG2AN…SEKALI LAGI…CUUUUMAAAN FILMMMMM KOK SERIUS AMAT NANGGAPINYA…

    Memang, cuma film.. dan cuma bo’ongan.. tapu pada kenyataannya, banyak orang terpengaruh oleh film ini…. dan akibatnya fatal bagi keimanan seorang muslim

  5. Sebetulnya FILM tersebut berjudul 2012.. Tidak ada kaitan apapun dengan KIAMAT.. cuma sangat disayangkan beberapa pihak mempublikasikan bahwa FILM tersebut adalah menceritakan tentang KIAMAT.. sehingga menguntungkan pihak pembuat FILM karena diyakini FILM tersebut sangat laku keras. Padahal isi dari FILM tersebut jauh dari cerita-cerita islam mengenai KIAMAT. isi film layaknya seperti beberapa musibah yang melanda berbagai negara baik Gempa, Tsunami ataupun Gunung Meletus. Dan INGAT.. Ending FILM tersebut terdapat Kapal penyelamat untuk beberapa umat manusia dengan tarif 1 milyar euro untuk 1 orang. BAYANGKAN..! Kalau kejadian KIAMAT akan ada Kapal Penyelamat dengan tarif tertentu, bagaimana nasib manusia saat ini.?? Bukannya Bertaubat malah berlomba-lomba mengumpulkan uang untuk kelak membeli tiket Kapal Penyelamat apabila KIAMAT datang. Sungguh jauh dari ajaran Islam.. Wahai manusia janganlah engkau terkecoh dengan situasi.. FILM tersebut berjudul 2012, bukan tentang KIAMAT..

    Memang benar, namun pada kenyataannya di lapangan, masyarakat sedikit banyak terpengaruh dengan hadirnya film ini….maka diperlukan sebuah sikap yang benar tehadap film ini

  6. Kenapa sih orang2 pd bodoh ngebela film tolol yg berjudul 2012? mungkin sebagian bilang itu bukan tentang kiamat.. tetapi efek dari film itu dong.. hehehe.. tuh liat di atas mereka pd komen dgn bangga.. ada juga yg bertitel haji tapi gak jelas identitasnya.. bagai melempar batu sembunyi tangan.. hahaha.. dodolz
    Buat penulis.. teruskan usaha anda.. dakwah harus terus berjalan sampai kiamat tiba..

  7. kesalahan umat islam justru ikut uporia tentang film tersebut justru yang haruskita lakukan adalah tidak ikut ikutan mengomentari cerita fiksi seperti itu yang nantinya akan menguras enegi kita yang haruskita yakini film bukan sejarah atau penelitian ilmiah jadi film adalah sebuah trik dagang produserfilm bagaimana menarik hati konsumen itu yang haruskita fahami adapun ceritanya terserah kepada pasar,bisatentang setan,perang ,kiamat ,dll

    Kita tidak bisa mengelak dari kenyataan bahwa isu bohong “Kiamat 2012” telah sedikit ataupun banyak mempengaruhi anggapan, dan yang paling penting adalah keimanan seseorang. Kiamat, dalam anggapan Muslim, adalah rukun iman, yang pembahasannnya tidak bisa lepas dari sisi agama. Oleh karena itu, artikel ini dibuat oleh penulisnya agar meluruskan kembali keimanan kita terhadap hari kiamat. Bukan untuk menambah hiruk pikuk isu ini (saya tidak setuju kalau disebut euforia), namun justru untuk meng-clearkan isu yang menyesatkan ini

    .

  8. buat aku sih gak da masalah. enjoy aj lagi. gak percaya ama ramalan yang ky gituan. hidup dan mati hanya di tangan Allah, tidak ada satpun orang, bahkan nabi dan rasulpun tidak mengetahui kapan kiamat itu terjadi.

    @manusia lemah=u jangan asal ngomong dulu, cerna dulu omongan orang, jangan asal jeplak aja tu mulut. itu bukan komen dengan bangga hanya mengutarakan pendapat mereka bro. Maksud orang bukan kiamat di film itu kan bisa berbeda2 pengertiannya, itu tergantung darimana kita menilai. daripada mengumpat seperti itu mendingan u banyakin ibadah, dan jak orang2 di sekitarmu untuk mendekatkan diri kepada-Nya, kan lebih baik.

  9. Assalammualaikum Wr. Wb.
    namanya juga film, dari dulu namanya film ya kyk gitu itu, banyakan bo’ongnya kan…..No Big Deal. Terlepas Dari apapun Namanya. Sebagai Muslim Dengan Ilmu agama yang terbatas, kontroversi film ini gk penting buat saya. dan sedikit membuat saya heran. tapi saya sangat menghargai juga pendapat orang lain yang mungkin ilmu agamanya lebih baik dari saya. saya sudah nonton film ini. dan buat saya itu tidak mengusik keyakinan saya. Bahwa semua orang itu pasti Mati, Kiamat itu ada, dan semua itu rahasia Alloh SWT. No matter What. nonton film 2012 sama aja kyk nonton harry potter. Berdosa atau tidak nonton film itu…..saya yakin itu juga hanya Alloh SWT yg menentukan. Film konyol seperti itu aja kok diributin. Wasting time.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Justru artikel ini dibuat uuntuk meluruskan pembahasan yang membuang waktu ini, agar orang-orang hendaknya kembali pada keimanan tentang hari kiamat dengan benar. Pembahasan yang seperti ini mutlak diperlukan, and definitely, it’s not wasting time.

  10. sudah jelas starting point untuk pemasarannya DOOMS Day “Hari Kiamat”, ini jelas membahayakan dan harus ditanggapi secara serius secara islam. Ini jelas titipan kaum Freemason lewat holywood…

  11. Kiamat memang di tangan Allah SWT, dan saya yakin tiada satupun manusia yang tau…Dan saya yakin film 2012 hanya merupakan hiburan semata yang justru banyak terkandung hikmah dan pelajaran di dalamnya. Saya yakin banyak para penonton yang sadar bahwa kiamat itu ada dan seperti itulah kira-kira, bahkan lebih dahsyat lagi…sehingga membuat mereka tergerak untuk berbuat kebajikan dan memperkuat imannya, saya berkeyakinan bahwa inilah tujuan film 2012 tersebut dan bukan untuk menghasut. Mestinya film 2012 di jadikan sebagai referensi tentang kiamat…
    Kesimpulannya:
    Bagi orang-orang yang percaya akan adanya kiamat, perdalamlah iman mu…berbuat baiklah dan positive thinking

  12. berarti manusia sendiri bisa memperkirakan dong kapan itu kiamat. Anda sendiri menuliskan sebuah hadist (yang coba anda croschek dengan al quran), mengatakan ada 10 tanda2 kiamat. Ok, kalau anda bilang, tidak mungkin lah kiamat tahun 2012 karena tanda kiamat adalah turunnya isa selama 40thun.

    ???

    Hey, bukankah itu cukup bertentangan dengan pernyataan anda sendiri, yang mengatakan bahwa hanya Allah yang tahu mengenai kapan datangnya kiamat.

    Kalau menurut tanda2 di hadist di atas sih, kayaknya kiamat bakalan masih lama. Iya gak pak? 🙂

    Kapan kiamat secara pasti memang tidak bisa diketahui, hanya ALLAH saja yang tahu. Namun, melalui risalah yang disampaikan oleh Rasulullaah Muhammad Shalallaahu’alaihi Wasallam, tanda-tandanya dapat diketahui. Sekali lagi, hanya tanda-tandanya, bukan secara pasti kapan waktu terjadinya, hari apa bulan apa, tahun berapa.

    Dan perlu diketahui pula bahwa apa yang disampaikan oleh Rasulullah itu adalah wahyu yang diwahyukan oleh ALLAH kepada beliau, Shalallaahu’alaihi wasallam. Ja

    Masih lama atau tidak, Allaahu a’lam

  13. bismillah.
    Maaf cuman komentar. Tulisan di atas bukanlah bantahan ilmiah untuk film 2012 karena filmnya memang tidak menceritakan tentang kiamat. Kalo filmnya yang mau dibantah yang dibantah dari sisi gambar bernyawa, adanya penampakan aurat dan seterusnya.
    Silakan baca: http://al-atsariyyah.com/?p=1353
    Disitu diterangkan perbedaan hukum antara film 2012 dengan ramalan terjadinya kiamat pada tahun 2012

    Memang, yang lebih ditekankan dalam tuliasn ini adlah pembahasan mengenai isu bohong Kiamat 2012, bukan film. Film hanya efek tambahan saja… Barakallaahufiykum….

  14. Lihat dulu filmnya, baru komentar!

    Saya rasa, untuk mengenali kejelekan, bukan berarti kita harus masuk ke dalamnya.. semua orang bisa baca resensi film-nya…

    Dan satu hal, pembahasan dalam tulisan ini lebih kepada bantahan terhadap isu kiamat 2012, adapun kemunculan film ini semakin memotivasi penulis untuk menulis tulsian ini…

  15. film yang lumayan, soal cerita,…cukup seru dan sangat fantastic.

    sebagai orang beragama, menanggapi soal film, ya, biasa aja kali..
    karena itu kan cuman cerita fiksi, dan kiamat itu dimana-mana sering terjadi…jadi biasa aja, nggak usah over action…

    tuhan lebih tau, apa yang sedang dan akan terjadi.

  16. Assalamualaikum.
    meskipun saya ndak/belum liat filmnya saya percaya bahwa kiamat itu ada di tangan Allah SWT, dan juga mengenai film 2012 itu hanya sekedar buatan manusia yang ingin menuntaskan hasratnya dalam berkreasi.
    tidak ada patut disalahkan, hanya saja saya setuju dengan Anda kalo kita sebagai umat muslim harus waspada dengan rentetan kejadian, isu, dll di luar sana.
    akan lebih baiknya, jika kita bahas film tersebut (otomatis harus nonton) dan menggali apa kaidah yang terdapat di dalamnya. saya juga bukan orang yang frontal dengan mengatakan ‘aku ga akan nonton film 2012’.
    saya yakin muslim sekarang lebih cerdas dan kritis…

    Wassalam…

  17. hemmm…..
    jadi rame pilem 2012 ya….???
    TS nya aja ikut kebanjiran comment juga….:)
    (padahal ane aja pengen liat, tp blom kesampean)
    …ane ngikut nyamak aje lah…….

  18. sebagai muslim Ak pecaya kiamat itu pasti datang……..
    dan hanya Allah yang tau kapan kiamat itu akan datang…..
    dari pada mikirin ramalan 2012 atau kontroversi film 2012 mendingan kita mulai dari sekarang untuk menabung pahala….
    karena ak yakin klo kiamat itu bakal datang sebentar lagi dan hanya Allah yang tau kapan itu waktunya…… mau besok, lusa, bulan depan, tahun depan… Itu rahasia Allah……

  19. Klo dibenturkan dengan ayat dan hadits2 shahih, memang tidak memungkinkan untuk terjadinya kiamat dalam waktu dekat. Namun kiranya kita harus tetap waspada. Karena kiamat kecil (kematian) terus mengintai kita setiap saat.

    Perbanyak amal dan kurangi maksiat …

  20. assalamualaikum wr.wb

    smoga ada byk orang yang mampu menerima manfaat ini smua, justru bukan masuk dan terperangkap dalam kesyirikan, semua isu tentang kiamat 2012 hanya akan membuat kita semua menjadi sesat..semoga saja Allah SWT segera memberikan jwban tentang ramalan 2012 yang banyak menyesatkan sebagian hamba allah..
    perkuatlah keimanan bagi semua hamba Allah yang seiman dan setaqwa…

    wsslm..

  21. menurut apa yang aku dengar dajjal akan mencari kaum muslim dan bila bertemu akan di ajak menjadi pengikutnya bila tidak akan di bunuh dengan gergaji dari bawah slangkangan agar lebih menyakitkan namun sebelunya dajjal memberikan pilihan api yang sebenarnya syurga dan air adalah neraka apa betul?

  22. Sebenarnya tidak harus menilai sebuah karya hanya dari sisi negatif, terutama mengenai isu di dalamnya. Sebelum rilis film ini, banyak film2 lain yang isi dan isunya serupa.

    Meskipun saya belum nonton, film ini seenggaknya bisa memotivasi kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

    Mengenai ketakutan orang2 kafir atau apa itu namanya, biarkan mereka yang merasa takut. Bagi orang2 muslim, mereka seharusnya tahu, mana yang positif dan mana yang tidak.

    Kalau mereka cerdas dan, tentu, beriman, mereka tidak akan terpengaruh oleh sebuah karya fiksi.

  23. ah serius amat..
    saya banyak belajar tentang sound effect – special effect – teori pemasaran : bagi saya 2012 masuk grade 9 ( dari score 10 ) untuk masalah 3 ( sound effect – special effect – teori pemasaran ), jika saya produsernya hari ini saya akan merayakannya !!! SUKSES !! tulisan diatas sama sekali tidak menyentuh ke 3-nya,beberapa bulan sebelum film diluncurkan biasanya ada team yang memikirkan isyu apa yang bakal diluncurkan ( sekali lagi isyu ), team 2012 mempergunakan isyu global tentang suku astek ( sekali lagi ini isyu ) yang meramal tentang kiamat, bisa jadi suku astek tidak pernah tahu cerita hikayatnya tentang kiamat suatu waktu kemudian digunakan untuk marketing film, saya sangat yakin bisa jadi suku astek tidak pernah persis meramal ada apa di tahun 2012, bisa jd ini masih sebuah penelitian yang belum tuntas tentang pandangan suku astek pada masa mendatang, ingat gak tentang sebuah penemuan fosil yang akhirnya dikembangkan menjadi sebuah gosip global oleh team marketing film JURASSIC PARK, bahkan beberapa media mengupas tuntas hingga detail tentang penelitian DNA dinosaurus yang dikembangkan menjadi sebuah dinosauros beneran, team marketing JURASSIC PARK memang sebuah team yang hebat untuk membuat gosip global tsb, semua masyarakat akhirnya Terhipnosis untuk menonton film Jurasic Park yaaa kaaann inget gak…, setelah nonton film-nya semua orang tersenyum, GOALLLL !!! BOX OFFICE !!, itu adalah Target Pemasaran, begitu juga di Film 2012, mereka memadukan sound effect – special effect – di film-nya.., kayaknya jika tulisan diatas sedikit membahas tentang bagaimana sebuah gabungan special effect dan sound effect di sebuah film, khususnya 2012, sepertinya lebih bagus menyadarkan umat muslim siap menghadapi sistem marketing/Pemasaran yang lainnya, saya yakin beberapa saat lagi akan ada gosip yang lebih heboh dibandingkan 2012, Jika kita selalu panik – itulah target dan Goal-nya..!!BOX OFFICE tapi jika membahas bagaimana team special effect membuat gambaran begitu hidup, saya yakin mereka satu atau beberapa mempelajari Al Quran – Hadist milik kita untuk membuat gambaran tentang sebuah kehancuran.karena Al Quran dan Al Hadist milik kita yang dengan detail menggambarkan sebuah kiamat so buat Penulis, bagaimana jika menulis tentang 2012 dari sisi yang berbeda, saya yakin anda bisa…, juga hindari kata2 Provokatif , karena semakin kita provokatif melihat sebuah fenomena, kita akan jadi target mereka…,karena anda akan terheran2 orang lain akan merogoh kocek dan rela antri nonton film bulshit yang heboh…

  24. dinikmati aja special efek dari filem itu. jangan di anggap serius. justru bikin motivasi kita buat bikin yang lebih bagus dari itu. kalo cuman ngecerca tanpa melihat hal positifnya kapan mau maju bangsa ini .. ayo jangan mau kalah sama orang kafir dalam hal teknologi. pikirkan bagaimana cara membuat filem itu. untuk islam yang lebih maju dan tidak tertinggal oleh orang – orang kafir. karena islam tidak pernah mengikuti zaman dan tidak pernah tertinggal zaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s