[Edisi Ramadan] Menjelang Akhir

Bismillaah.

Hari ini saya memasuki ibadah puasa yang kedua puluh hari. Rasanya hari-hari ramadan kali ini melesat  begitu cepat. Terasa cepat karena sungguh-sungguh saya tidak merasakan sensasi apa-apa. Ya, saya menjadi berpikir, apa yang saya dapat sampai hari keduapuluh ini? Amalan-amalan apa saja yang telah saya perbuat? Akankah juga akan sama hingga sepuluh hari ke depan? Ahh, andai waktu dapat diulang. Manusia memang seringkali, bahkan selalu, menyia-nyiakan waktunya.

Di awal ramadan yang lalu, saya banyak menulis target-target ramadan. Seperti misalnya baca Qur’an di setiap setelah shalat fardhu’, shalat dhuha setiap hari, menambah hafalan qur’an sebanyak 2 juz, dan yang paling biasa adalah melakukan shalat malam setiap hari. Tak lupa pula, di awal ramadan, saya pun sempat mengikuti kursus bahasa arab di masjid dekat kampus. Berbagai program pernah saya buat untuk mengisi kegiatan selama ramadan kali ini. Nyatanya gimana, Fad? Ahh,  tak banyak yang bisa saya lakukan hingga puasa yang menginjak hari keduapuluh ini.

Dan kini puasa memasuki harinya yang keduapuluh. Itu artinya, malam nanti sudah malam sepuluh hari terakhir. Akan banyak orang yang berbondong-bondong datang ke masjid untuk i’tikaf. Akan banyak lantunan ayat-ayat suci menggema di pojok-pojok masjid dan akan banyak do’a yang dipanjatkan. Ya, bagi kita semua, sepuluh hari terakhir adalah saat yang tepat untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar. Malam yang jika kita mendapatkannya dalam keadaan beribadah, maka nilainya sama dengan beribadah selama 1000 malam. Siapa yang tak mau pahala yang sebanyak itu?

Ramadan telah memasuki hari keduapuluh, sepertiga bulan yang terakhir. Saya sekelebat ingin berkaca tentang apa saja yang saya sudah lakukan selama dua puluh hari ini. Tak semuanya target ramadan saya lakukan dengan baik. Apalagi sekarang sudah ditambah aktivitas kuliah, bertambah-tambah pulalah kesibukan saya. Sungguh, saya berandai-andai sekiranya wakltu dapat kembali diputar hingga ke awal ramadan yang telah berlalu, mungkin masih ada kesempatan untuk membenahi diri. Nyatanya, penyesalan tetaplah penyesalan.

Kini, di putarannya yang terakhir, saya sungguh berharap agar kiranya ALLAH menyibukkan saya dengan aktivitas yang bermanfaat, menambah pahala, dan membenahi target-target ramadan saya yang terserak. Saya rasa, kalau bukan saat ini (sepuluh hari terakhir) ini, kapan lagi kita akan menuai berkah ramadan tahun ini? Tak tentu kita dapat bertemu dengan ramadan di tahun mendatang.  Amatlah merugi kiranya diri saya jika selepas ramadan ini saya tidak mendapat apa-apa, taka daperubahan yang terjadi pada kualitas diri saya. Ahh, alangkah bodoh dan miskinnya saya akan ilmu dan amalan yang baik. Betapa kesempatan tak kunjung mampu saya manfaatkan untuk mengisi ramadan ini dengan optimal.

Saya sungguh merasa bahwa ramadan kali ini tidak lebih baik dari ramadan tahun lalu. Tal ada, atau belum ada, semangat yang memotivasi saya untuk lebih giat lagi menyingsingkan lengan baju mengisi ramadan. Ahh, sudahlah. Toh masih ada sepuluh hari yang terakhir ini yang bisa saya gunakan untuk konsentrasi beribadah kepada ALLAH. Sepuluh hari terakhir ini semoga bisa saya gunakan untuk berdiam diri di masjid pada malam hari. Saya tak dapat membayangkan, betapa akan meruginya saya jika datang sepuluh hari terakhir inipun saya tak kunjung bergegas semangat mengisinya dengan ibadah. Betapa masih kotornya diri ini dan sangat mengharap ampunan dari ALLAH lewat keutamaan malam lailatul qadar. Semoga saya bisa khusyu’ untuk mengisi malam-malam di sepuluh hari terakhir ini dengan ibadah yang berkualitas. Amin.

Allaahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu’anniy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s