[Edisi Ramadan] Hayoo, Udah Dapat Apa Aja?

Bismillaah.

Malam ini udah taraweh yang ke-24 kali yah? Masya ALLAH, cepet banget ternyata bulan puasa kali ini bergulir. Kayaknya belum siap aja kalau harus meninggalkannya. Kalo saya sih belum siap karena sayang aja, waktu yang udah hampir abis ini ternyata belum mampu dimanfaatkan dengan baik. Apa kabarnya target-target yang saya pasang itu? Hahaha, saya hanya bisa tersenyum malu.Ya, sayang banget karena bulannya udah mau abis, tapi belum juga merasakan khusyuknya beribadah di Ramadan kali ini.

Baiklah, sekarang saya mau berbagi cerita aja sih, tentang yang saya lakukan atau dapatkan selama ramadan tahun ini. Walaupun masih ada sisa enam harian lagi, kayaknya 24 hari puasa udah cukup menggambarkan apa yang saya dapat di bulan ramadan kali ini. Oh ya, sama sekali tidak ada maksud buat pamer-pamer loh, karena memang gak ada yang bisa dipamerin. Hahaha. Bocah ingusan nan kutu kupret macam saya sih paling juga cuma tidurnya yang dibanyakin. Kalau cerita aktivitas tidur mah juga semua orang ngelakuin, which is porsi tidur selama bulan puasa jadi nambah. Kata teman saya sih karena tubuh kekurangan asupan oksigen, jadi bawannnya ngantuk aja. 

Selain aktivitas utama tadi (baca: tidur)😀 , seperti yang saya sebut-sebut di posting sebelumnya, hari-hari selama ramadan kali ini saya isi dengan shalat tarawih di malam hari. Oh ya, sayang sekali tarawih tahun ini gak lengkap 30 kali kayaknya. Soalnya kemaren-kemaren saya bolos tarawih, di pertengahan bulan. Alasannya ya beragam sih, kadang-kadang karena emang udah capek banget, kadang-kadang buka bersama kawan terus nabrak-nabrak isya’ dan belum juga beres pas jam tarawih, atau memang karena malas. Terhitung udah lebih dari lima kali saya gak tarawih, mungkin. Hehehe. Tapi tenang, saya biasanya membayarnya dengan shalat dhuha 12 rakaat di sela-sela waktu kuliah. Jadi lunas deh kayaknya. #yaALLAHgakpapakanyah?

Oh ya, puasa kali ini juga bertepatan dengan masa-masa kuliah. Anda tahu kan betapa menyiksanya kuliah sambil puasa? Saat mulut terus menerus mengaum “hoaam hoaam”, pak dosen tak juga mengerti keinginan mahasiswanya. Kebetulan semester ini banyak kuliah jam 7 pagi, jadi bertambah-tambahlah rasa kantuk itu. Belum lagi beberapa mata kuliah dibawakan dengan penyampaian yang menjemukan. Bayangin aja, semester ini saya dapat mata kuliah teori relativitas. Jangan nanya kayak apa deh kuliahnya, temen-temen sekelas saya aja pada teler.😀 Alhamdulillaah saya gak ngambil mata kuliah kaya mekanika kuantum atau matematika fisika teori, haduuh, jadi “penderitaan” saya relatif lebih ringan dibanding teman-teman saya yang lain. :tawajahat

Oh ya, saya pernah cerita kan kalo saya juga punya terget nyelesein qur’an dalam sebulan ini sebanyak 3 kali? Hehehe, nyatanya saya sekarang masih di juz yang ke dua puluh tiga putaran yang kedua. Jadi, kayaknya target tiga kali pupus sudah, paling banter juga dua kali. Susah memang, harusnya setiap selesai shalat wajib bisa baca setengah juz, tapi nyatanya gak semudah itu. Masalahnya ada di keistiqomahan sih, saya sering gak istiqomah. Gak konsisten. Kadang kalo lagi niat bisa sejuz, seringkali cuma beberapa lembar aja. Haduh, payah nih. Tapi semoga sampe akhir ramadan nanti, saya bisa nyelesein sisa 7 juznya, jadi genap dua kali saya ngekhatamin qur’an bulan ini. Amiin. #mudahkanbaimyaALLAH.

Oh ya, berhubung sekarang udah masuk sepuluh hari yang terkahir bulan puasa, saya menyengaja untuk tidak tarawih seketika selepas isya. Saya udah tiga kali ini tarawihnya jam setengah dua malam. Abis shalat isya, biasanya saya capcus pulang, sejenak baca qur’an, atau seringnya facebookan atau twitteran sampe jam 12an, terus tidur sebentar. Hari pertama (malam 21) saya tarawih di masjid kampus. Kebetulan waktu itu saya lagi di sekitaran kampus, nginep di B21 (sekretariat BPPM Balairung) atau kemarin saya tarawih di masjid gedhe kauman (masjid Raya DIY). Saya tarawih sendirian (soalnya memang gak dikoordinir untuk berjamaah).

Kalau tarawih sendirian, ada manfaatnya juga. Saya bisa baca surat-surat yang panjang-panjang yang saya hafal. Karena hafalan saya cuma beberapa juz saja, biasa saya pake juz 30 dari awal hingga pertengahan juz atau juz 1 dari awal hingga ayat 70an. Yang gampang diingat aja. Lumayan lah itung-itung ngulang hafalan. Oh ya, beberap orang saya liat shalat sambil memegang mushaf.  Jadi surat yang dibacanya langsung dari mushaf. Menarik sih bagi saya, kapan-kapan saya coba ahh.😀.

Sebenernya saya juga disuruh secara paksa jadi pengisi kuliah shubuh cadangan tiap hari kamis. Dari empat kali hari kamis, saya udah 2 kali ngisi. Hahaha, jangan ditanya groginya kaya apa. Namanya juga newbie, masih kosong dari ilmu. Yang bisa disampein ya sekadar yang saya tahu saja, bagaimana mengatur waktu di bulan puasa lah, wasiat-wasiat dari quran lah. Ya namanya sama-sama belajar. Kayaknya gak pantes yah saya ngisi kultum shubuh, gak tahu kenapa tuh, kok bapak takmir bisa khilaf memilih saya. Hahaha. Sebenernya ya karena gak ada orang aja sih, atau memang pengisi utamanya sering mangkir dari jadwalnya, jadilah saya ini pengisi kultum cadangan tak tahu diri nyeramahin bapak-bapak sama ibu-ibu mushola dekat kost. #maafinkaloadayangsalahyapakbu

Kayaknya itu aja dehh yang bsia saya ceritain tentang apa yang saya dapat selama puasa kali ini, kepanjangan malah nambah ngebosenin. Itu yang saya dapat, kalau Anda, sudah dapat apa aja?😀 Alhamdulillaah saya gak pernah batal puasa loh, kalo batal pahalanya karena marah-marah, bo’ong, atau dosa-dosa yang lain sih Allaahu A’lam, semoga ALLAH kasih ampunan buat kutu kupret macam saya ini. Yah moga aja sampe nanti akhir ramadan bisa lebih ditingkatin lagi, Amiin. Ayo ayo semangat, biar bisa dapat lebih banyak lagi (amalan dan pahalanya) di bulan puasa kali ini. Semoga ALLAH memudahkan kita semua.

Tinggalkan Balasan

