Kelak Tidurmu Akan Lebih Panjang #cemmunguddhh #eaaa

Hari ini saya kembali membaca buku “Mereka Adalah Para Tabi’in”. Dan memang saya suka sekali dengan cerita-cerita sejarah. Membawa saya berfantasi dalam tamasya religi para murid shahabat Rasulullah. Membaca kisah-kisah mereka yang sungguh menakjubkan. Saya sampai pada bab tabi’in Shilah bin Asyyam. Dikisahkan di dalamnya bahwa beliau memiliki seorang sepupu yang juga seorang Tabi’iyah (murid shahabat Rasulullah dari golongan wanita). Beliau bernama Mu’azhah Al ‘Adawiyyah.  Murid Ummul Mukminin ‘Aisyah Radhiyallaahu ‘anha.

Mu’azhah adalah seorang wanita yang taat beribadah dan zuhud (bersahaja) terhadap dunia. Sudah menjadi kebiasaan  jika malam telah tiba, beliau berkata: “Barangkali malam ini adaah malam terakhir bagiku”, maka beliau pun terjaga untuk beribadah sampai fajar. Dan jika siang hari telah tiba, beliau pun berkata: “Barangkali ini adalah hari terakhir bagiku”, maka beliau pun memanfaatkannya untuk beribadah dan beramal shalih lainnya.

Jika rasa kantuk menghampiri, maka beliau pun mulai bersyair:

Di depanmu, wahai jiwa

Ada masa tidurmu yang lebih panjang

Kelak akan lama berbaring di tanah kuburan

Mungkin dalam kesengsaraan atau dalam keberuntungan

Maka pilihlah hari ini, wahai Mu’azhah

Apa yang engkau pilih untuk hari esok

Hmm. Bukan tanpa alasan saya mengutipkan tulisan ini. Saya masih kesulitan menjaga waktu tidur. Terlalu berlebihan. Badan saya sering lemas dan beranjak untuk merebahkannya barang sebentar. Sedikit-sedikit tertidur, mudah ngantuk. Semoga bukan karena digigit lalat tse-tse yang di Afrika sana ya. Saya juga tak mau beralasan dengan padatnya kesibukan saya setiap hari yang kuliah dengan sks penuh karena semua orang pun melakukannya. Sudah lewat masa-masa bersanti-santai. Semoga dengan kutipan dari buku ini saya lebih bisa mengatasi masalah tidur saya dan memanfaatkannya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, dan  berpahala juga. Kebanyakan tidur bikin lesu. Lesu bikin malas. Malas bikin sengsara.

Oh ya, saya juga teringat dengan pepatah Arab, Laa yuflikhul Kasuul. Tidak akan berhasil seseorang yang malas. Baiklah, saatnya bersemangat pada hal-hal yang bermanfaat. Seperti hadist nabi, “Ikhriis ‘alaa ma yanfa’uuka, fasta’in billlaah”. Bersemangatlah pada apa-apa yang bermanfaat bagimu, dan minta tolonglah kepada Allah. Yeah! Tak berlebihan ‘kan jika tulisan saya kali ini saya beri hashtag #cemmunguddhh #eaaa?

2 thoughts on “Kelak Tidurmu Akan Lebih Panjang #cemmunguddhh #eaaa

Tinggalkan Balasan

