Penjual Peyek dari Imogiri

image

Namanya Atmo Wiyono. Umurnya sekira 80 tahun, tinggal di Imogiri, Bantul. Tadi saya menemui beliau saat sedang duduk di sudut depan Bakso Idola, Jalan Taman Siswa, berjualan peyek kacang di atas bakul.

Jika Anda menemui orang-orang seperti Pak Atmo Wiyono, yang berjualan makanan-makanan yang mungkin Anda anggap tidak penting, segeralah beli dagangannya dalam jumlah banyak atau borong sekalian.

Dengan berjualan, orang-orang seperti Pak Atmo Wiyono ini jauh lebih mulia dan lebih layak Anda hargai jerih payahnya dibandingkan pengemis, pengamen, atau bahkan mahasiswa yang tiap bulan minta jatah orang tuanya

Rasululllaah bersabda:

“Andai seseorang di antara kalian pergi mencari kayu bakar dan memanggulnya di atas punggung­nya, sehingga dengannya ia dapat bersedekah dan mencukupi kebutuhannya (sehingga tidak meminta kepada) orang lain, itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada orang lain, baik akhirnya orang itu memberinya atau menolak permintaannya.

Karena sesungguhnya tangan yang di atas itu lebih utama dibanding tangan yang di bawah. Dan mulailah (nafkahmu dari) orang-orang yang menjadi tanggung jawabmu.” ~ HR. Al Bukhari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s