Tips Buang Air Kecil di Urinoir

Saya paling sebel jika harus buang air kecil di urinoir/urinal (tempat buang air kecil berdiri bagi laki-laki) karena susah untuk cébok.

Beberapa tahun lalu, masih banyak urinoir ‘tradisional’ yang menyediakan kran/tombol di atasnya sehingga setelah selesai buang air kecil, kita tinggal putar kran atau pencet tombol itu lalu keluarlah air untuk cebok sepuasnya.

Sekarang, hampir semua urinoir di tempat-tempat umum menggunakan sensor inframerah yang tidak mengeluarkan air untuk cebok. Jadi, urinoir ini mengeluarkan air sesaat sebelum kita buang air kecil dan mengeluarkan air lagi saat kita sudah pergi dari hadapan urinoir. Terus gimana ceboknya? Gak cebok.

Setelah googling sana sini, ada beberapa tips agar tetap bisa cebok saat berada di urinoir bersensor:

Baca lebih lanjut

Iklan

[Edisi Ramadhan] Tips Mengisi Kultum buat Newbie

Ya namanya juga bulan puasa, pasti banyak banget tuntutan buat panitia kegiatan menyemarakkannya. Bikin jadwal kultum misalnya. Mulai kultum abis shubuh, menjelang berbuka, dan pas shalat tarawih. Saking abisnya stok ustadz, kamu yang notabene  bukan ustadz, santri juga kagak, alim juga kadang-kadang doank, ngerti agama cuma sedikit,  ketiban “kehormatan” dari panitia buat ngisi kultum di mushola deket rumah. Nah lo? Mau ngeles apa? Mereka udah susah-susah bikin jadwal dan nyari stok ustadz yang kira-kira lebih pantas buat ceramah, tapi   terpaksa milih kamu yang abal-abal ini buat ngisi. Hahaha. Satu kata yang mau gak mau harus kita jawab kalo udah dapet amanah (ceilee.. amanah nih yee :P) kaya gini adalah, “Insya Allah.” Tapi, jangan asal jawab juga, jangan cuma berbekal nekad tapi gak punya persiapan. Sapa bilang ngisi kultum itu sama kaya ngobrol atau orasi? Beda bro. Isi kultum itu kudu religius. Yah secara kamu ngisinya di mesjid/musholla, bukan di depan kelas atau di bunderan yang bisa seenaknya orasi ngalor ngidul.

Tips apa aja sih yang kudu kamu tau kalo mau ngisi kultum pertama kalinya? Biar jama’ah gak bubar atau minimalnya gak ngelempar sendal mereka ke mukamu, karena tiba-tiba kamu yang kutu kupret ini yang maju naik ke podium gitu. Hehehe. Biar kita semangat. Semangat ramadhan, semangat latihan jadi pildacil :D, atau latihan mengamalkan hadist “ballighuu ‘anniy walaau aayatan. Sampaikanlah (ilmu) dariku walau satu ayat). Insya Allah bakal dikasih kemudahan. Amin. Langsung aja lah. Dari tadi gak to the point nih. Okey, tips mengisi kultum buat kamu para newbie yang baru pertama kali naik podium mushola itu kira-kira begini. Baca lebih lanjut